KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA MAKASSAR

MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA MAKASSAR

Jalan A.P.Pettarani Nomor 1 Makassar : Telp.(0411) 874856

Pos-el [email protected], laman www.mtsn 1kotamakassar.com

Surat Keputusan Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Makassar Nomor: 53.b Tahun 2023

 

Menimbang      :

a.

Bahwa dalam rangka melaksanakan Keputusan Menteri Agama

Nomor    109     Tahun     2017    tentang                  Standar              Pelayanan              pada

 

 

Kementerian Agama, untuk menyusun dan menetapkan standar

 

 

pelayanan dengan memperhatikan kemampuan penyelenggara,

 

 

kebutuhan masyarakat dan kondisi lingkungan;

 

b.

bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam

huruf a perlu menetapkan keputusan Kepala Kantor tentang

 

 

standar pelayanan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Makassar;

Mengingat         :

1.

Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 42, Tambahan

 

 

Lembaran Negara Nomor 4125);

 

2.

Undang-undang Nomor 28 tahun 1999 tentang Penyelenggaraan

Negara yang Bersih dan Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme

 

 

(Lembaran Negara tahun 1999 Nomor 75, Tambahan Lembaran

 

 

Negara 3851);

 

3.

Undang-undang                       Nomor    25     tahun     2009    tentang Pelayanan

(Lembaran Negara Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran

 

 

Negara Nomor 038);

 

4.

Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem

 

 

Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP);

 

5.

Peraturan Pemerintah Nomor 68 tahun 1999 tentang Tata Cara Pelaksanaan  Peran  Serta  Masyarakat  dalam  Penyelenggaraan

 

 

Pelayanan;

 

6.

Keputusan  Menteri  Pendayagunaan  Aparatur    Negara  Nomor 25/KEP/M.PAN/7/2003  tentang  Pedoman   Umum Penyelenggaraan Pelayanan;

                                               7.             Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25/KEP/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan                                                                                    Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah;
                                               8.             Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor KEP/26/M.PAN/2/2004 tentang Petunjuk Teknis Transparansi dan Akuntabilitas dalam                                                                      Penyelenggaraan Pelayanan;

                                               9.             Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor:Per/20/M.PAN/04/2006 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan;

                                               10.         Peraturan Menteri Agama Nomor 42 tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Agama;

                                               11.         Keputusan Menteri Agama Nomor 109 Tahun 2017 tentang Standar Pelayanan Kementerian Agama;

                                                12.         Peraturan Menteri Agama Nomor 19 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama.



MEMUTUSKAN :

Menetapkan         :          KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 MAKASSAR TENTANG STANDAR PELAYANAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 MAKASSAR.

KESATU                   :  Menetapkan Standar Pelayanan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Makassar sebagaimana tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan ini.

KEDUA                : Standar Pelayanan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Makassar sebagaimana Diktum KESATU merupakan Pedoman dalam menyelenggarakan Pelayanan Publik pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Makassar.

KEEMPAT                 :  Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan.

 

  

Ditetapkan di Makassar Pada tanggal  02 Oktober 2023

 

Kepala MTsN 1 Makassar,

 

 

ZULFIKAH NUR

NIP. 197904012001121001


                                         


 

JENIS STANDAR PELAYANAN :

PERMOHONAN LEGALISIR IJAZAH DAN DOKUMEN LAINNYA

 

N0

Komponen

URAIAN

1

Produk Pelayanan

Permohonan     Legalisir    Ijazah, secara offline dan online

SKHUAMBN,

SHUN

2

Persyaratan Pelayanan

Pemohon membawa ijazah asli

3

Sistem Prosedur

Mekanisme

dan

Secara Offline : Staf menerima permohonan legalisir dari ybs dengan syarat ybs menunjukkan ijazah asli, kemudian staff memberi stempel dan nomor register serta mencatat ke buku bantu register khusus pengesahan ijazah, SHUN, dan SHUAMBN dan memberI paraf lalu menyerahkan ke Kepala Madrasah untuk ditandatangani. Apabila yang legalisir tsb bukan pemilik ijazah, maka harus disertakan surat kuasa bermaterai 10.000.

Secara Online : Pemohon mengajukan permohonan legalisir melalui e-mail : [email protected] dengan melampirkan scan dokumen asli. Kemudian akan dihubungi langsung oleh petugas PTSP untuk melakukan transfer biaya fotokopi dokumen dan biaya pengiriman dokumen yang telah dilegalisir melalui jasa pengiriman paket.

4

Indikator

Terselesaikannya      dokumen diserahkan kepada pemohon

legalisir

ijazah

Dan

5

Jangka Waktu

15 menit

6

Biaya

Offline (Gratis), jika melalui online maka ada tambahan biaya fotokopi ijazah sesuai jumlah lembar ijazah legalisir yang diminta dan biaya pengiriman ijazah melalui jasa paket.

7

Penanganan,                                 Pengaduan, Saran dan masukan

e-mail : [email protected] Telp     : (0411) 874856

WA  : 6282187512427

44                                                         

                                            Ditetapkan di Makassar

                                                        Pada tanggal 02 Oktober 2023

Kepala MTsN 1 Makassar,

 

 

 

 

ZULFIKAH NUR

NIP. 197904012001121001




JENIS STANDAR PELAYANAN :

PELAYANAN SURAT KETERANGAN KEHILANGAN IJAZAH

 

N0

Komponen

URAIAN

1

Produk Pelayanan

Pelayanan Surat Keterangan Kehilangan Ijazah

2

Persyaratan Pelayanan

-       Persyaratan surat keterangan kehilangan dari kepolisian, fc ijazah (jika ada), buku raport asli, surat pernyataan tanggung jawab mutlak, kemudian menyertakan 2 orang saksi teman lulus 1 angkatan

-       Mengisi formulir permohonan penerbitan surat pengganti

3

Sistem                 Mekanisme                      dan Prosedur

Staff menerima kunjungan dan laporan alumni yang kehilangan ijazah, ybs menulis buku tamu, staff menyerahkan formulir permohonan penerbitan surat pengganti untuk diisi dan dilengkapi oleh ybs. Dengan persyaratan surat keterangan kehilangan dari kepolisian, fc ijazah (jika ada), buku raport asli, surat pernyataan tanggung jawab mutlak, kemudian menyertakan 2 orang saksi teman lulus 1 angkatan, Setelah dilengkapi, staff meneruskan ke TU untuk di proses. Setelah selesai di proses oleh TU, staff memberikan surat keterangan kehilangan ijazah tsb kepada ybs.

4

Indikator

Pemohon     telah     menerima    surat                        keterangan kehilangan ijazah/ ijazah pengganti

5

Jangka Waktu

1 hari

6

Biaya

Gratis

7

Penanganan,                 Pengaduan, Saran dan masukan

e-mail : [email protected] Telp     : (0411) 874856

SMS      : 6282187512427

 

Ditetapkan di Makassar pada tanggal 02 Oktober 2023

 

Kepala MTsN 1 Makassar,

 

                                                                                                            ZULFIKAH NUR

                                                                                                            NIP. 197904012001121001                                                                                        




 

N0

Komponen

URAIAN

1

Produk Pelayanan

Pelayanan Kesalahan Penulisan Ijazah

2

Persyaratan Pelayanan

-  Ijazah asli bukti kesalahan penulisan ijazah

-  Pas foto 3x4 latar merah 2 lembar

3

Sistem                 Mekanisme                      dan Prosedur

Staff menerima kunjungan dan laporan dari alumni yang mengalami kesalahan penulisan ijazah, pelapor mengisi buku kunjungan dan permasalahan, pelapor menyerahkan ijazah asli dan pasfoto, dokumen yang diserahkan divalidasi dan diproses, kemudian diserahkan kembali hasil perbaikan kepada pelapor

4

Indikator

Pemohon telah menerima surat ijazah yang sudah diperbaiki

5

Jangka Waktu

 30 menit

6

Biaya

Gratis

7

Penanganan,                 Pengaduan, Saran dan masukan

e-mail : [email protected] Telp     : (0411) 874856

SMS      : 6282187512427

 

Ditetapkan di Makassar pada tanggal 02 Oktober 2023

 

Kepala MTsN 1 Makassar,

  

ZULFIKAH NUR

NIP. 197904012001121001




 

N0

Komponen

URAIAN

1

Produk Pelayanan

Pelayanan Pengambilan Ijazah

2

Persyaratan Pelayanan

- Bebas tanggungan perpustakaan

3

Sistem                 Mekanisme                      dan Prosedur

Staff menerima kunjungan, pemohon memberikan seluruh bukti persyaratan, petugas memvalidasi persyaratan dan menceklis nama pemohon, petugas meminta kepada pemohon untuk cap 3 jari, petugas menstempel ijazah dan menscan ijazah tersebut selanjutnya diperbanyak sebanyak 6 lembar untuk dilegalisir, petugas kemudian menyerahkan ijazah dan legalisir kepada pemohon

4

Indikator

Pemohon telah menerima surat ijazah yang sudah diperbaiki

5

Jangka Waktu

  30 menit

6

Biaya

Gratis

7

Penanganan,                 Pengaduan, Saran dan masukan

e-mail : [email protected] Telp     : (0411) 874856

SMS      : 6282187512427

 

Ditetapkan di Makassar pada tanggal 02 Oktober 2023

 

Kepala MTsN 1 Makassar,

 

                                                                                                            ZULFIKAH NUR

                                                                                                            NIP. 197904012001121001                




LAMPIRAN V

KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 MAKASSAR NOMOR 071 TAHUN 2023

TENTANG STANDAR PELAYANAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 MAKASSAR JENIS STANDAR PELAYANAN :

PELAYANAN SURAT KETERANGAN KERUSAKAN IJAZAH

 

N0

Komponen

URAIAN

1

Produk Pelayanan

Pelayanan Surat Keterangan Kerusakan Ijazah

2

Persyaratan Pelayanan

-  Membawa ijazah asli yang rusak dan fotocopy ijazah

-  Mengisi formulir permohonan penerbitan surat keterangan kerusakan ijazah

-  Menyerahkan foto 3x4 sebanyak 3 lembar latar merah

-  Mengisi      surat      pernyataan                     tanggungjawab mutlak

3

Sistem                 Mekanisme                      dan Prosedur

Staff menerima kunjungan, pemohon menyerahkan persyaratan pelayanan, pemohon mengisi formulir permohonan penerbitan surat keterangan kerusakan ijazah, petugas memverifikasi data-data pemohon, petugas memproses permohonan dan meneruskan ke kepala madrasah, petugas kemudian meneruskan ke kementrian agama untuk meminta tandatangan kepala kementerian agama setempat, petugas kemudian memberikan surat keterangan tersebut kepada pemohon

4

Indikator

Pemohon     telah     menerima     surat                        keterangan kerusakan ijazah

5

Jangka Waktu

  2 hari

6

Biaya

Gratis

7

Penanganan,                 Pengaduan, Saran dan masukan

e-mail : [email protected] Telp     : (0411) 874856

SMS      : 6282187512427

 

Ditetapkan di Makassar pada tanggal 02 Oktober 2023

 

Kepala MTsN 1 Makassar,

 

ZULFIKAH NUR

NIP. 197904012001121001




LAMPIRAN VI

KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 MAKASSAR NOMOR 071 TAHUN 2023

TENTANG STANDAR PELAYANAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 MAKASSAR JENIS STANDAR PELAYANAN :

PELAYANAN SURAT KETERANGAN REKOMENDASI SISWA

 

N0

Komponen

URAIAN

1

Produk Pelayanan

Pelayanan Surat Keterangan Rekomendasi Siswa

2

Persyaratan Pelayanan

-  Membawa kartu siswa

-  Mengisi formulir permohonan

3

Sistem                 Mekanisme                      dan Prosedur

Staff menerima kunjungan, pemohon menyerahkan kartu siswa kepada petugas, pemohon mengisi formulir permohonan pelayanan, petugas memproses permohonan, kemudian meneruskan ke kepala madrasah, petugas,           petugas           memberikan                            surat rekomendasi siswa kepada pemohon.

4

Indikator

Pemohon telah menerima surat rekomendasi

5

Jangka Waktu

  30 menit

6

Biaya

Gratis

7

Penanganan,                 Pengaduan, Saran dan masukan

e-mail : [email protected] Telp     : (0411) 874856

SMS      : 6282187512427

 

Ditetapkan di Makassar pada tanggal 02 Oktober 2022

 

Kepala MTsN 1 Makassar,

  

ZULFIKAH NUR

NIP. 197904012001121001




 

N0

Komponen

URAIAN

1

Produk Pelayanan

Pelayanan Surat Keterangan Kelakuan Baik Siswa

2

Persyaratan Pelayanan

-  Membawa kartu siswa

-  Mengisi formulir permohonan

3

Sistem                 Mekanisme                      dan Prosedur

Staff menerima kunjungan, pemohon menyerahkan kartu siswa kepada petugas, pemohon mengisi formulir permohonan pelayanan, petugas memproses permohonan, kemudian meneruskan ke kepala madrasah, petugas memberikan surat keterangan kelakuan baik siswa kepada pemohon.

4

Indikator

Pemohon     telah     menerima     surat                        keterangan kelakuan baik

5

Jangka Waktu

  30 menit

6

Biaya

Gratis

7

Penanganan,                 Pengaduan, Saran dan masukan

e-mail : [email protected] Telp     : (0411) 874856

SMS      : 6282187512427

 

Ditetapkan di Makassar pada tanggal 02 Oktober 2023

 

Kepala MTsN 1 Makassar,

  

ZULFIKAH NUR

NIP. 197904012001121001




 

N0

Komponen

URAIAN

1

Produk Pelayanan

Penerimaan Mutasi Siswa Keluar

2

Persyaratan Pelayanan

-       Surat keterangan bersedia menerima dari Sekolah tujuan

-       Fc ijazah, skhun, raport, fc kk, fc akta, dan surat keterangan NISN

3

Sistem                 Mekanisme                      dan Prosedur

Orang tu/ Wali mengajukan permohonan pindah yang disertakan dengan alasan, kemudian Staff meminta surat keterangan bersedia menerima dari Sekolah tujuan. Kemudian pihak sekolah membuat surat keterangan pindah sekolah yang menginformasikan kepada ybs untuk melampirkan dengan fc ijazah, skhun, raport, fc kk, fc akta, dan surat keterangan NISN

4

Indikator

Diterimanya surat mutasi keluar dari madrasah oleh pemohon

5

Jangka Waktu

7 hari

6

Biaya

Gratis

7

Penanganan,                 Pengaduan, Saran dan masukan

e-mail : [email protected] Telp     : (0411) 874856

SMS      : 6282187512427

 

Ditetapkan di Makassar pada tanggal 02 Oktober 2023

 

Kepala MTsN 1 Makassar,

  

ZULFIKAH NUR

NIP. 197904012001121001




LAMPIRAN IX

KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 MAKASSAR NOMOR 071 TAHUN 2023

TENTANG STANDAR PELAYANAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 MAKASSAR JENIS STANDAR PELAYANAN :

 

PENERIMAAN SISWA MASUK

N0

Komponen

URAIAN

1

Produk Pelayanan

Penerimaan Siswa Masuk

2

Persyaratan Pelayanan

-       Surat keterangan pindah sekolah.

-       Surat keterangan pindah, fc ijazah dan skhun/ shuuambn, surat keterangan NISN, akta

lahir, fc KK, raport asli

3

Sistem                 Mekanisme                      dan Prosedur

Staff Konfirmasi ke Sekolah, ke bagian Kurikulum mengenai kuota, jika masih ada diinformasikan untuk menyerahkan data pribadi siswa kemudian memberikan surat keterangan menerima. Ybs diinformasikan membawa surat tsb ke sekolah asal sekaligus minta surat keterangan pindah sekolah.

Setelah itu pihak madrasah menerima siswa pindahan tsb dengan melengkapi persyaratan meliputi : surat keterangan pindah, fc ijazah dan skhun/ shuuambn, surat keterangan NISN, akta lahir, fc KK, raport asli

4

Indikator

Diterimanya surat rekomendasi menerima dari madrasah oleh pemohon

5

Jangka Waktu

15 menit

6

Biaya

Gratis

7

Penanganan,                 Pengaduan, Saran dan masukan

e-mail : [email protected] Telp     : (0411) 874856

SMS      : 6282187512427

Ditetapkan di Makassar pada tanggal 02 Oktober 2023

 

Kepala MTsN 1 Makassar,

  

ZULFIKAH NUR

NIP. 197904012001121001




LAMPIRAN X

KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 MAKASSAR NOMOR 071 TAHUN 2023

TENTANG STANDAR PELAYANAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 MAKASSAR JENIS STANDAR PELAYANAN :

 

PENERIMAAN SURAT MASUK

N0

Komponen

URAIAN

1

Produk Pelayanan

Penerimaan Surat Masuk

2

Persyaratan Pelayanan

Membawa ekspedisi surat

3

Sistem Prosedur

Mekanisme

dan

Secara Offline : Staff Menerima petugas pengantar

 

surat tsb, petugas tsb menulis buku tamu, kemudian

 

staff menandatangani ekspedisi surat yang dibawa

 

oleh pengantar, kemudian menerima Surat masih

 

dalam kemasan, melihat amplopnya bersifat rahasia

 

atau biasa , jika bersifat rahasia/ pribadi maka

 

langsung     disampaikan     kepada     pimpinan/     yang

 

bersangkutan, jika bersifat umum maka dibuka dan

 

dibaca     maksud      dan      tujuan      surat,      kemudian

 

melanjutkan surat tsb ke bagian persuratan untuk

 

diagendakan      dan      dicatat     di     lembar     disposisi

 

kemudian     diteruskan     ke     kepala     sekolah,      lalu

 

didiposisi ke TU. Kemudian TU mengarahkan surat

 

tsb sesuai dengan tujuan.

 

Secara Online :

Pemohon/ instansi yang bersurat mengirimkan surat melalui e-mail : [email protected]., selanjutnya surat dicetak petugas dan dilanjutkan surat tsb ke bagian persuratan untuk diagendakan dan dicatat di lembar disposisi kemudian diteruskan ke kepala madrasah, lalu didiposisi ke TU. Kemudian TU

mengarahkan surat tsb sesuai dengan tujuan

4

Indikator

Didisposisikannya surat masuk oleh TU kemudian untuk diteruskan kepada sasarannya oleh Kepala Madrasah

5

Jangka Waktu

15 menit

6

Biaya

Gratis

7

Penanganan,                                 Pengaduan, Saran dan masukan

e-mail : [email protected] Telp     : (0411) 874856

SMS      : 6282187512427

Ditetapkan di Makassar pada tanggal 02 Oktober 2023

Kepala MTsN 1 Makassar,

  

ZULFIKAH NUR

NIP. 197904012001121001




LAMPIRAN XI

KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 MAKASSAR NOMOR 071 TAHUN 2023

TENTANG STANDAR PELAYANAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 MAKASSAR JENIS STANDAR PELAYANAN :

PELAYANAN IZIN PENELITIAN MAHASISWA

 

N0

Komponen

URAIAN

1

Produk Pelayanan

Pelayanan Izin Penelitian Mahasiswa

2

Persyaratan Pelayanan

Surat permohonan izin penelitian yang berisikan waktu, judul penelitian, dan guru pendamping

3

Sistem                 Mekanisme                      dan Prosedur

Staff Menerima Surat Permohonan Melakukan Penelitian sekaligus ditentukan waktu nya, judul penelitian, dan guru pendamping, kemudian melanjutkan surat tsb ke bagian persuratan untuk diteruskan ke kepala sekolah, lalu didiposisi ke waka kurikulum dan guru pendamping, dari pihak persuratan kemudian membuatkan surat izin melakukan penelitian, persuratan juga membuatkan surat tugas kepada guru pendamping, surat tsb dibawa ke ptsp kemudian petugas ptsp menginformasikan kepada mahasiswa ybs surat izin penelitian tsb. Selesai penelitian, dari pihak sekolah membuatkan surat keterangan telah melakukan penelitian yang disertakan dengan hasil penelitian

4

Indikator

Diterimanya surat tugas oleh guru pendamping penelitian

5

Jangka Waktu

3 hari

6

Biaya

Gratis

7

Penanganan,                 Pengaduan, Saran dan masukan

e-mail : [email protected] Telp     : (0411) 874856

SMS      : 6282187512427

 

Ditetapkan di Makassar pada tanggal 02 Oktober 2023

 

Kepala MTsN 1 Makassar,

 

 

ZULFIKAH NUR

NIP. 197904012001121001




PELAYANAN PENERIMAAN SOSIALISASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU DARI PERGURUAN TINGGI

 

N0

Komponen

URAIAN

1

Produk Pelayanan

Pelayanan Penerimaan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru dari Perguruan Tinggi

2

Persyaratan Pelayanan

Surat permohonan mengadakan sosialisasi pada bulan yang sudah ditentukan dari PT

3

Sistem                 Mekanisme                      dan Prosedur

Staff Menerima surat permohonan mengadakan sosialisasi pada bulan yang sudah ditentukan dari PT ybs, staff menyerahkan surat tsb kepada persuratan untuk di agenda dan dilampiri dengan lembar disposisi dilanjutkan ke kepala madrasah, kemudian kepala mendisposisi ke wakamad

(Kurikulum/Humas/Kesiswaan), dari wakamad tsb menelaah kemudian jika permohonan diterima maka ditentukan waktu sosialisasi . staff menginformasikan kepada PT ybs untuk waktu sosialisasi tsb. Melalui telpon. Setelah itu dari pihak PT melakukan sosialisasi sesuai waktu yang ditentukan oleh sekolah.

4

Indikator

Terselenggaranya sosialisasi PT

5

Jangka Waktu

15 menit

6

Biaya

Gratis

7

Penanganan,                 Pengaduan, Saran dan masukan

e-mail : [email protected] Telp     : (0411) 874856

SMS      : 6282187512427

 

Ditetapkan di Makassar pada tanggal 02 Oktober 2023

 

Kepala MTsN 1 Makassar,

  

ZULFIKAH NUR

NIP. 197904012001121001




 

N0

Komponen

URAIAN

1

Produk Pelayanan

Pelayanan Orang Tua/Wali Siswa

2

Persyaratan Pelayanan

Orang Tua/Wali Siswa menulis buku tamu dan keperluannya

3

Sistem                 Mekanisme                      dan Prosedur

Staff menerima kunjungan Orang tua wali/ Siswa, ybs menulis buku tamu, ditanya mengenai keperluannya, jika ingin bertemu dengan anaknya, maka staff melihat didata kehadiran siswa terlebih dahulu di system , kemudian meMTsN 1ggilkan siswanya melalui satpam.

4

Indikator

Orang tua siswa telah mendapatkan keperluannya di madrasah

5

Jangka Waktu

15 menit

6

Biaya

Gratis

7

Penanganan,                 Pengaduan, Saran dan masukan

e-mail : [email protected] Telp     : (0411) 874856

SMS      : 6282187512427

  

Ditetapkan di Makassar pada tanggal 02 Oktober 2023

 

Kepala MTsN 1 Makassar,

  

ZULFIKAH NUR

NIP. 197904012001121001




 

N0

Komponen

URAIAN

1

Produk Pelayanan

Pelayanan Informasi PPDB

2

Persyaratan Pelayanan

-

3

Sistem                 Mekanisme                      dan Prosedur

Staff menerima kunjungan Orang tua wali/ Siswa, ybs menulis buku tamu, staff menginformasikan mengenai pelaksanaan PPDB dan persyaratannya yang sudah dibuatkan panitia. Sekaligus memberikan brosur yang sudah berisikan syarat dan jalur pendaftaran

4

Indikator

Orang tua wali/ Siswa mendapatkan informasi mengenai PPDB dengan jelas

5

Jangka Waktu

15 menit

6

Biaya

Gratis

7

Penanganan,                 Pengaduan, Saran dan masukan

e-mail : [email protected] Telp     : (0411) 874856

SMS      : 6282187512427

 

                                                                                                            Ditetapkan di Makassar pada tanggal 02 Oktober 2023

 

Kepala MTsN 1 Makassar,

                                                                                                                                         

 

ZULFIKAH NUR

NIP. 197904012001121001




 

N0

Komponen

URAIAN

1

Produk Pelayanan

Pelayanan Informasi Madrasah

2

Persyaratan Pelayanan

-

3

Sistem                 Mekanisme                      dan Prosedur

Staff menerima kunjungan Orang tua wali/ Siswa, ybs menulis buku tamu, ditanya mengenai keperluannya, staff kemudian memberikan informasi yang diperlukan oleh pengunjung. Apabila Orang tua/ wali ingin menanyakan kehadiran anaknya bisa dilihat di absen kehadirannya.

4

Indikator

Pemohon      memperoleh     informasi                         madrasah dengan jelas

5

Jangka Waktu

10 menit

6

Biaya

Gratis

7

Penanganan,                 Pengaduan, Saran dan masukan

e-mail : [email protected] Telp     : (0411) 874856

SMS      : 6282187512427

 

                                                                                                             Ditetapkan di Makassar pada tanggal 02 Oktober 2023

 

Kepala MTsN 1 Makassar,

  

ZULFIKAH NUR

NIP. 197904012001121001




 

N0

Komponen

URAIAN

1

Produk Pelayanan

Pelayanan Izin Masuk dan Keluar Siswa

2

Persyaratan Pelayanan

-

3

Sistem                 Mekanisme                      dan Prosedur

Staff menerima permohonan izin keluar dari Siswa sambal berkoordinasi dengan guru piket, kemudian menginformasikan siswa ybs untuk menulis pada buku catatan izin keluar yang disertakan dengan waktu keluar serta maksud dan tujuannya, kemudian staff menginput di aplikasi mengenai data siswa yang izin keluar. Pada saat siswa ybs sudah masuk kembali, maka staff menginformasikan kepada siswa ybs agar menulis kembali jam kedatangan disertai dengan tanda tangan.

4

Indikator

Izin masuk dan keluar siswa terdata di aplikasi dan diketahui oleh guru dan wali kelas

5

Jangka Waktu

5 menit

6

Biaya

Gratis

7

Penanganan,                  Pengaduan, Saran dan masukan

e-mail : [email protected] Telp     : (0411) 874856

SMS      : 6282187512427

 

  

Ditetapkan di Makassar pada tanggal 02 Oktober 2023

 

Kepala MTsN 1 Makassar,

 

 

ZULFIKAH NUR

NIP. 197904012001121001




 

N0

Komponen

URAIAN

1

Produk Pelayanan

Surat Keterangan Keaktifan Siswa

2

Persyaratan Pelayanan

  Membawa kartu siswa

3

Sistem                 Mekanisme                      dan Prosedur

Staff menerima kunjungan, pemohon menyerahkan kartu siswa kepada petugas, pemohon mengisi formulir permohonan pelayanan, petugas memproses permohonan, kemudian meneruskan ke kepala madrasah, petugas memberikan surat keterangan masih aktif kepada pemohon..

4

Indikator

Siswa mendapatkan surat keterangan aktif siswa

5

Jangka Waktu

20 menit

6

Biaya

Gratis

7

Penanganan,                 Pengaduan, Saran dan masukan

e-mail : [email protected] Telp     : (0411) 874856

SMS      : 6282187512427

 

  

Ditetapkan di Makassar pada tanggal 02 Oktober 2023

 

Kepala MTsN 1 Makassar,

 

 

ZULFIKAH NUR

NIP. 197904012001121001




 

N0

Komponen

URAIAN

1

Produk Pelayanan

Pelayanan permohonan promosi produk luar

2

Persyaratan Pelayanan

Surat permohonan promosi

3

Sistem                 Mekanisme                      dan Prosedur

Staff menerima permohonan terkait promosi mengenai produk luar, kemudian diteruskan kepada Wakamad Humas untuk ditindaklanjuti

4

Indikator

Permohonan promosi diterima dengan baik

5

Jangka Waktu

15 menit

6

Biaya

Gratis

7

Penanganan,                 Pengaduan, Saran dan masukan

e-mail : [email protected] Telp     : (0411) 874856

SMS      : 6282187512427

 

Ditetapkan di Makassar pada tanggal 02 Oktober 2023

 

Kepala MTsN 1 Makassar,

  

ZULFIKAH NUR

NIP. 197904012001121001




LAMPIRAN XIX

KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 MAKASSAR NOMOR 071 TAHUN 2023

TENTANG STANDAR PELAYANAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 MAKASSAR JENIS STANDAR PELAYANAN :

PELAYANAN PEMINJAMTSN 1 TEMPAT DAN PRASARANA MADRASAH

 

N0

Komponen

URAIAN

1

Produk Pelayanan

Pelayanan Peminjaman tempat dan sarana madrasah

2

Persyaratan Pelayanan

Surat permohonan peminjaman tempat

3

Sistem                 Mekanisme                      dan Prosedur

Staff menerima permohonan dari pemohon kemudian dilanjutkan ke waka sarana dan prasarana untuk ditindaklanjuti

4

Indikator

Permohonan peminjaman tempat dan sarana ditindaklanjuti sesuai jadwal yang telah ditentukan

5

Jangka Waktu

15 menit

6

Biaya

Gratis

7

Penanganan,                 Pengaduan, Saran dan masukan

e-mail : [email protected] Telp     : (0411) 874856

SMS      : 6282187512427

  

Ditetapkan di Makassar pada tanggal 02 Oktober 2023

 

Kepala MTsN 1 Makassar,

  

ZULFIKAH NUR

NIP. 197904012001121001




LAMPIRAN XX

KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 MAKASSAR NOMOR 071 TAHUN 2023

TENTANG STANDAR PELAYANAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 MAKASSAR JENIS STANDAR PELAYANAN :

PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT

 

N0

Komponen

URAIAN

1

Produk Pelayanan

Pelayanan pengaduan masyarakat

2

Persyaratan Pelayanan

-

3

Sistem                 Mekanisme                      dan Prosedur

Staff menerima pengaduan masyarakat, kemudian staff meneruskan ke petugas pengelola pengaduan, kemudian petugas pengelola pengaduan meneruskan ke kepala madrasah untuk ditindaklanjuti.

4

Indikator

Pengaduan segera di respon dan ditindaklanjuti

5

Jangka Waktu

1 x 24 jam

6

Biaya

Gratis

7

Penanganan,                 Pengaduan, Saran dan masukan

e-mail : [email protected] Telp     : (0411) 874856

SMS      : 6282187512427

  

Ditetapkan di Makassar pada tanggal 02 Oktober 2023

 

Kepala MTsN 1 Makassar,

 

ZULFIKAH NUR

NIP. 197904012001121001

Baca Lainnya :